• Sabtu, 2 Juli 2022

Hukum Menggunakan Baju Baru saat Lebaran, Bagaimana Menurut Islam?

- Senin, 2 Mei 2022 | 13:59 WIB
Ternyata Ini Asal Usul Sejarah Tradisi Baju Lebaran (Freepik/Racool_studio)
Ternyata Ini Asal Usul Sejarah Tradisi Baju Lebaran (Freepik/Racool_studio)

SEWAKTU.com -- Bagaimana hukum menggunakan baju baru Lebaran hendaknya diketahui setiap Muslim. Seperti apa hukum menggunakan baju Lebaran dalam Islam? Begini penjelasannya.

Menurut Dai muda Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan membeli dan memakai baju baru di hari Lebaran hukumnya diperbolehkan (mubah).

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat Islam agar mengenakan pakaian terbaik saat Idul Fitri, memakai wangi-wangian, sebagai tanda rasa syukur dan menghormati hari besar umat Islam ini.

"Namun yang dianjurkan untuk dipakai di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah pakaian yang bagus, seadanya (tidak harus baru), dan memakai wangi-wangian," jelas CEO-Founder Santri Motivator School, Kamis 28 April 2022.

Baca Juga: Bacaan Doa Menyambut Idul Fitri 1443 Hijriyah, Panjatkan di Hari Kemenangan Umat Islam

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Al Hakim dalam Al Mustadrak ‘alaa Al-Shohihain:

عَنْ زَيْدِ بْنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ، عَنْ أَبِيهِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: «أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبَسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُ، وَأَنْ نَتَطَيَّبَ بِأَجْوَدَ مَا نَجِدُ

Artinya: "Dari Zaid bin Al Hasan bin Ali, dari ayahnya, radliyallahu ‘anhuma, ia berkata: Kami diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam pada hari-hari untuk memakai pakaian yang ada dan memakai wangi-wangi dengan apa yang ada."

Lalu untuk yang memiliki kelebihan rezeki dan ingin membeli baju baru untuk lebaran, Ustadz Asroni Al Paroya mengimbau terdapat beberapa kaidah yang harus diperhatikan:

Halaman:

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obat Doa Galau, Mungkin Bisa Membantu Kalian

Senin, 27 Juni 2022 | 16:25 WIB
X