Review Film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta Pendidikan Itu Penting, Sebuah ‘Harga’ yang Harus Dibayar

- Selasa, 29 November 2022 | 10:36 WIB
Film MARS (kompasiana.com)
Film MARS (kompasiana.com)

SEWAKTU.com - Dalam film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta pendidikan itu penting sebuah harga yang harus dibayar sepasang suami istri itu duduk dalam temaram lampu teplok, disebuah meja makan sederhana.

Wajah lugu sepasang suami istri yang menghadapi kehidupan yang serba pas pasan. Dalam film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta pendidikan itu penting sebuah harga yang harus dibayar sementara sang anak yang telah berumur enam tahun harus disekolahkan.

Duduk dihadapan dengan wajahnya yang polos. Dalam film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta pendidikan itu penting sebuah harga yang harus dibayar sepasang suami istri ini memang miskin, namun keduanya bertekad untuk menyekolahkan anak semata wayang mereka.

Baca Juga: Beberapa Adab Rasulullah SAW Sebelum Tidur, Umat Islam Mesti Tahu!

Dalam film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta pendidikan itu penting sebuah harga yang harus dibayar walau untuk itu mereka harus membanting tulang. Mengais rejeki dengan tertatih tatih. Sang suami hanyalah buruh kasar dengan penghasilan yang  tak seberapa.

Sang Istri, buta huruf tak berpendidikan. Malah tak mempunyai penghasilan. Itulah awal pembuka film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta pendidikan itu penting sebuah harga yang harus dibayar bersutradara Sahrul Gibran.

Inilah inti tema dari film yang mengambil setting di daerah tandus Gunung Kidul, sebuah daerah minus dengan angka bunuh diri nomor dua tertinggi se-Indonesia. Kemiskinan dan penderitaan seakan dua hantu yang selalu mengintai penduduk Gunung Kidul.

Baca Juga: Meneladani Biografi Umar bin Khattab, Memetik Pelajaran dari Kelembutan Dakwah Rasulullah SAW

Karena miskin, angka putus sekolah sangatlah tinggi. Tak banyak anak muda yang mampu meraih gelar sarjana. Hanya dalam hitungan jari. Dan karena menderita, banyak penduduk yang tak kuasa menahan beban hidup lalu gelap mata mengakhiri hidup dengan bunuh diri.

Halaman:

Editor: Winda Febriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X