• Sabtu, 2 Juli 2022

Budi Utomo dan Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Bangkitnya Para Pemuda

- Jumat, 20 Mei 2022 | 08:05 WIB
Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei dan Budi Utomo. Foto/Istimewa. (Foto/Istimewa.)
Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei dan Budi Utomo. Foto/Istimewa. (Foto/Istimewa.)

SEWAKTU.com -- Seperti yang kita ketahui bersama, Hari Kebangkitan Nasional setiap tahunnya dirayakan tanggal 20 Mei, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei.

Namun, belum banyak yang tahu sejarah Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei yang menjadi sejarah berdirinya organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo atau Boedi Oetomo adalah organisasi yang berdiri pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen).

Lalu Wahidin Sudirohusodo adalah inisiator lahirnya Budi Utomo. Budi Utomo didukung para pemuda dari STOVIA, Sekolah Guru Bandung, Sekolah Pamong Praja Magelang, Sekolah Peternakan dan Pertanian Bogor, dan Sekolah Sore untuk Orang Dewasa di Surabaya.

Baca Juga: 4 Peristiwa Sejarah Islam pada Bulan Syawal yang Harus Kamu Ketahui

Para pemuda tersebut terdiri dari Soeradji, Muhammad Saleh, Soewarno A, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soewarno B, R. Gumbreg, R. Angka, dan Soetomo.

Untuk nama organisasi Budi Utomo diusulkan oleh Soeradji dan semboyan yang dikumandangkan adalah Indie Vooruit (Hindia Maju), bukan Java Vooruit (Jawa Maju).

Budi Utomo dari kata Budi yang artinya perangai atau tabiat, dan Utomo yang artinya baik atau luhur. Organisasi ini dapat dimaknai sebagai perkumpulan yang akan mencapai sesuatu berdasarkan keluhuran budi dan kebaikan perangai atau tabiat.

Niat dibentuknya organisasi ini yaitu untuk memperoleh kemajuan yang harmonis bagi nusa dan bangsa Jawa dan Madura, karena pada awalnya organisasi ini hanya menghendaki perbaikan sosial yang meliputi Jawa dan Madura.

Halaman:

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:57 WIB

Presiden Jokowi dan Iriana Tiba di Moskow Rusia

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:22 WIB
X