Mochamad Iriawan Ungkap Harapannya Terkait Pembinaan Usia Muda Jelang Kongres Luar Biasa PSSI

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:09 WIB
Mochamad Iriawan Ungkap Harapannya Terkait Pembinaan Usia Muda Jelang Kongres Luar Biasa PSSI.
Mochamad Iriawan Ungkap Harapannya Terkait Pembinaan Usia Muda Jelang Kongres Luar Biasa PSSI.

SEWAKTU.com- Masyarakat akan dihibur dengan kontestasi pemilihan pengurus baru PSSI periode 2023-2027 pada gelaran Kongres Luar Biasa 16 Februari mendatang.

Pada Kongres Luar Biasa nanti, akan terpilih nama-nama baru untuk mengisi jabatan Exco, Sekjen, Dirtek, Waketum hingga Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.
 
Dengan diadakannya Kongres Luar Biasa PSSI pada 16 Februari yang akan datang, masyarakat mengharapkan agar ini menjadi momentum untuk perbaikan persepakbolaan Indonesia ke depannya.
 
Segala hal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan Kongres Luar Biasa ini telah dilakukan khususnya oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.
 
 
Namun begitu, Mochamad Iriawan sebelumnya sudah menyatakan untuk mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum PSSI pada periode yang akan datang.
 
Mochamad Iriawan menyatakan bahwa beliau tidak akan mencalonkan ataupun dicalonkan untuk meramaikan persaingan pengurus baru PSSI periode 2023-2027.
 
Beliau berharap agar orang-orang yang terpilih sebagai pengurus baru di Kongres Luar Biasa PSSI nanti mampu bekerja keras dengan niat yang tulus untuk membangun ekosistem persepakbolaan yang baik.
 
Mochamad Iriawan juga menyampaikan harapannya untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Beliau mengatakan bahwa pentingnya pembinaan pemain usia muda dalam melahirkan talenta-talenta baru yang berkualitas.
 
"Dalam sepak bola, program pembinaan usia dini adalah syarat mutlak untuk kemajuan sepakbola di mana pun." ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.
 
 
Melalui akun Instagram resminya, Mochamad Iriawan juga menceritakan pengalamannya ketika terlibat dalam program pembinaan pemain muda.
 
"Sebelum saya aktif sebagai Ketua Umum PSSI, saya sebenarnya telah aktif di kepengurusan sepakbola sejak tahun 2009, tepatnya setelah ditunjuk sebagai Dewan Penasihat Persib Bandung." ungkap beliau.
 
"Setelah itu saya juga aktif sebagai pelindung di kepengurusan Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat yang fokus terhadap pemain-pemain muda." tambahnya.
 
Mochamad Iriawan mengatakan bahwa persaingan di kompetisi yang ada untuk para pemain usia dini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pemain.
 
"Banyaknya kompetisi usia muda di Jawa Barat telah melahirkan banyak pemain yang kini mewarnai Liga Indonesia." ucapnya.
 
Hingga dilantik menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Mochamad Iriawan aktif terlibat dalam program pembinaan pemain muda.
 
 
"Setahun sebelum menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, saya ikut mengagas Program Vamos Indonesia." jelasnya.
 
"Program ini adalah program yang fokus untuk mengembangkan pemain muda berbakat untuk menimba ilmu di daratan Eropa mulai dari Spanyol hingga Kroasia yang merupakan negara dengan kultur sepakbola yang kuat." tambahnya.
 
Mochamad Iriawan mengatakan bahwa sedikit pengalaman yang beliau miliki ketika terlibat dalam program pembinaan pemain muda juga menjadi salah satu faktor yang mendorong untuk maju sebagai Ketua Umum PSSI pada tahun 2019 yang lalu.
 
"Itulah yang jadi modal bagi saya untuk maju dalam pemilihan Ketua Umum PSSI pada KLB PSSI tahun 2019 silam." tuturnya.
 
Beliau juga memaparkan alasan yang melatarbelakangi keputusan beliau ketika maju sebagai Ketua Umum PSSI pada tahun 2019 silam.
 
 
"Tujuan saya sederhana ingin melanjutkan pengabdian saya kepada Indonesia dan ingin membantu sepakbola Indonesia, ingin Timnas Indonesia mentas di ajang level Dunia." ungkapnya.
 
Terakhir, beliau berharap agar pengurus baru yang terpilih dalam Kongres Luar Biasa PSSI 16 Februari mendatang mampu untuk memberikan perhatian khusus pada program pembinaan pemain muda.
 
"Semoga program pembinaan usia muda bisa terus berjalan mulai dari Piala Soeratin, Elite Pro Academy (EPA), Vamos Indonesia bisa terus dikembangkan di masa depan. Tentunya ini perlu sama-sama kita kawal." tutup Ketua Umum Mochamad Iriawan.***
 

Editor: Mahmud Amsori

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X