Kapolres dan Forkopimda Aceh Selatan Panen Hasil Program Ketahanan Pangan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:36 WIB

SEWAKTU.COM - Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru bersama Forkopimdakab melakukan panen raya padi di Desa Ruak, Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu, 25 Januari 2023. Padi tersebut ditanam pada area persawahan seluas 184 hektar dengan taksiran produksi 7,9 ton perhektar.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran dalam sambutannya menyebutkan, keberhasilan panen raya tersebut tidak terlepas dari kegigihan masyarakat yang dipimpin Kepala Desa, Muspika, dan para penyuluh pertanian di Kecamatan Kluet Utara.

"Panen ini wujud dari komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam mewujudkan program ketahanan pangan nasional seperti arahan Presiden Jokowi dalam menghadapi inflasi di tanah air," kata Amran.

Amran mengatakan, ketersediaan sarana, fasilitas, dan alsintan di Aceh Selatan saat ini terus dibenahi demi terwujudnya progam ketahanan pangan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Selatan.

"Kita terus berupaya melayani masyarakat agar lebih mudah dalam mengolah persawahan. Berkat dukungan semua pihak hal ini akan terlaksana dengan baik," ujarnya.

Panen raya ini merupakan suatu langkah yang baik dan perlu terus dikembangkan. Untuk itu, Amran berpesan kepada Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Selatan agar melakukan perencanaan supaya dapat menjawab permintaan para petani.

"Setelah panen ini, petani kembali melakukan pengolahan sawah, Kadis perlu segera merencanakan sehingga petani mudah dan dapat menggarap hingga panen padi 2 tahun 5 kali," ucapnya.

Ia juga berpesan kepada petani agar dapat bersama-sama memelihara jaringan air yang ada, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan jaringan irigasi akibat oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurutnya padi saat ini bukan hanya ditanam untuk sekedar konsumsi petani, tapi pola ini sudah berubah sehingga menjadikan padi sebagai komoditi ekonomis, sehingga ke depan Pemerintah Aceh Selatan juga terus melakukan upaya-upaya agar hasil panen padi dapat dipasarkan dengan sistem yang baik.

Halaman:

Editor: Muhammad Irwan

Tags

Terkini

X