Mensos Risma Tegaskan Masyarakat Dilarang Ngemis Online, TikTok Terancam Diblokir Lagi!

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:47 WIB
Mensos Risma Tegaskan Masyarakat Dilarang Ngemis Online. (Foto/Instagram.)
Mensos Risma Tegaskan Masyarakat Dilarang Ngemis Online. (Foto/Instagram.)

SEWAKTU.com -- Praktik ngemis online di TikTok kian meresahkan dan memicu perdebatan, Menteri Sosial Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma berikan tanggapan.

Belakangan ini, fenomena ngemis online di TikTok menjadi sorotan publik. Apalagi ada orang yang memanfaatkan orang tua untuk mandi lumpur dan mencipratkan air di genangan air. Hal ini memicu tanggapan Mensos Tri Rismaharini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, atau biasa disapa Risma, telah mengeluarkan larangan konten mengemis secara daring.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa banyak dari konten ngemis online ini menampilkan orang tua yang duduk di kursi yang disediakan di kolam, disiram lumpur dan air saat penonton live TikTok memberikan hadiah.

Baca Juga: Sosok Profil Jhon LBF, Si Pebisnis Galak ke Karyawan Tapi Manis di Konten TikTok, Lupa Dulu Orang Susah

Aksi itu langsung disayangkan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Dia mengatakan tindakan itu merupakan praktik eksploitatif yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Selain itu, Mensos Risma segera mengeluarkan Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023 tentang penertiban kegiatan eksploitatif dan/atau pengemis yang memanfaatkan lansia, anak-anak, penyandang cacat dan/atau kelompok rentan lainnya.

"melindungi para lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok rentan lainnya dari eksploitasi yang dilakukan dengan kegiatan mengemis secara offline/online di media sosial," tulis salinan Surat Edaran Mensos.

Surat edaran ini ditujukan kepada para pemerintah daerah agar melakukan tindakan pencegahan, pelarangan, dan rehabilitasi terhadap kegiatan mengemis yang mengeksploitasi dan tidak mengindahkan nilai-nilai kemanusiaan.

Halaman:

Editor: Muhammad Fajri Ramadhan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X