• Selasa, 16 Agustus 2022

Amalan Agar Dimudahkan Rezeki, Utang Menggunung dan Tercecer di Mana-mana

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:15 WIB
Ilustrasi doa.  (Pixabay/chiplanay)
Ilustrasi doa. (Pixabay/chiplanay)

SEWAKTU.com - Saat kita sedang mengalami kondisi keuangan yang terpuruk, biasanya kita mengandalkan teman karib, saudara, orang tua, dan atau lembaga kredit untuk mengutang.

Hidup bak roda yang selalu berputar, tak ubahya kondisi keuangan kita yang terus berubaha-rubah, sehingga ada kalanya posisinya berada di atas puncak dan di bawah.

Meski utang merupakan hal yang dapat memberartkan kita kelak di akhirat. Bahkan Nabi Muhammad enggan mensalati umatnya yang meninggal masih meninggalkan utang.

Dengan demikian, sekecil dan seberat apapun utang maka wajib dicarikan solusinya untuk kemudian dilunasi sebelu kita menghadap sang Khaliq.

Baca Juga: Sebanyak 24 Anak Alami Gejala Hepatitis Akut Misterius, Wagub DKI: Seluruh Warga untuk Lebih Hati-hati

مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِىَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ

“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah; shahih).

Islam mengajarkan kita selain berusaha menyelesaikan utang juga berharap memohon pertolongan Allah SWT, berserah diri kepada-Nya.

Oleh karenanya, Islam memberikan tuntunan berupa doa agar kita istiqomah mengamalkannya agar utang yang kita miliki segera lunas.

Halaman:

Editor: Muhammad Gilang Priyatna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X