• Senin, 4 Juli 2022

Makna Hari Sumpah Pemuda untuk Pemuda Milenial Zaman Modern

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:28 WIB
Sumpah Pemuda muncul karena banyaknya organisasi pemuda dari berbagai daerah di 1920-an.  (Ilustrasi)
Sumpah Pemuda muncul karena banyaknya organisasi pemuda dari berbagai daerah di 1920-an. (Ilustrasi)

SEWAKTU.com -- Hari Sumpah Pemuda sudah tinggal menghitung hari lagi. Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang setiap tahun jatuh pada tanggal 28 Oktober ini merupakan salah satu sejarah bangkitnya pemuda-pemudi yang ada di Indonesia. 

Apabila kita menengok sejarah kebelakang, gagasan penyelenggaraan Sumpah Pemuda kedua yang diinisiasi oleh perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia. 

Sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia. Jadi atas inisiatif PPPI, Kongres Pemuda ini dilaksanakan di tiga gedung, sehingga menghasilkan dan lahir nya Sumpah Pemuda dan kongres pemuda ini digelar dan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Baca Juga: Disebut Berpacaran dengan Bos Marketing, Begini Klarifikasi Billy Syahputra

Pada kongres pemuda yang kedua ini pun dilakukan dan banyak dihadiri oleh organisasi-organisasi kepemudaan di Indonesia seperti, Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islammieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong ambon serta Pemuda Kaum Betawi.

Pada tangal 28 Oktober 1928 hasil putusan Kongres sumpah pemuda dibacakan dan di tutup dengan Ikrar Sumpah pemuda dan setelah Ikrar sumpah pemuda di ikrarkan, ditutup dengan mendengarkan Lagu yang di ciptakan oleh Wage Rudolf Supratman yang berjudul Indonesia raya dan mendapatkan sambutan meriah dari para peserta kongres.

Baca Juga: Bagi Generasi Penerus Bangsa Kamu Sebenarnya Harus Tahu Apa Itu Makna Sumpah Pemuda

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang Ke-93 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021 nanti, lantas bagaimana cara kita bisa mengaplikasikan nya dalam kehidupan saat ini, khususnya bagi pemuda-pemudi masa kini yang lahir di zaman modern saat ini, isi teks sumoah pemuda ini adalah merupakan hasil kongres pemuda yang kedua yang di tutup dengan ikrar sumpah pemuda yang berbunyi:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia

Halaman:

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Sumber: Faris Al Aziz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X