• Jumat, 2 Desember 2022

Harga BBM RON 95 di Malaysia Lebih Murah dari Pertalite di Indonesia, Kok Bisa?

- Selasa, 6 September 2022 | 14:05 WIB
 Harga BBM Oktan 95 di Malaysia lebih murah dari Pertalite. Foto/Istimewa. (Foto/Istimewa.)
Harga BBM Oktan 95 di Malaysia lebih murah dari Pertalite. Foto/Istimewa. (Foto/Istimewa.)

SEWAKTU.com -- Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM di Indonesia belum lama ini naik. Tetapi ada fakta menarik melihat harga BBM. Diketahui, harga BBM termurah di Indonesia masih lebih mahal dari Malaysia.

Malaysia memang memberikan subsidi bensin tetapi dengan oktan yang lebih tinggi. Maka BBM RON 95 di Malaysia bisa lebih murah dari Pertalite.

Dilansir dari laman ringgitpuls, harga bensin RON 95 Malaysia hanya 2,05 ringgit per liter atau setara Rp 6.814 (dengan kurs Rp 3.324 per ringgit).

Namun, untuk harga Pertamax di Pertamina yang memiliki RON lebih rendah, yakni RON 92 dibanderol Rp 14.500 per liter.

Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin membeberkan bahwa harga BBM Malaysia sangat murah lantaran ada subsidi.

Baca Juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, BP AKR dan Vivo, Mana Lebih Murah?

Tetapi subsidinya dikatakan hanya dipakai saat harga minyak mentah mengalami kenaikan. Namun kenapa harganya tetap bisa stabil?

"Seiring dengan kenaikan crude oil (minyak mentah) naik menjadi Rp 9,840 per liter (Pertamax Turbo). Coba dibandingkan dengan Pertamax Turbo yang comply dengan Euro4 dengan BBM di Malaysia, sama dengan Euro4 tapi HPP (Harga Pokok Penjualan) di Malaysia hanya Rp 3.472 per liter itu 17 September 2021," beber Puput.

Puput memb erikan contoh perbandingan HPP dari harga di Indonesia dan Malaysia. Menurutnya harga BBM di Malaysia lebih stabil karena subsidi yang berkelanjutan, namun kebijakan itu bukan hanya berupa subsidi biasa. Selain itu masyarakat juga bisa memantau HPP dan profit margin dari penjualan BBM.

Halaman:

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X