• Sabtu, 2 Juli 2022

Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW dari Beberapa Hadits, Umat Muslim Wajib Tahu Ini

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 14:37 WIB
Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto/Istimewa.
Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto/Istimewa.

SEWAKTU.com -- Rangkuman beberapa hadist perihal maulid nabi Muhammad. Maulid Nabi Muhammad adalah hari kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yaitu yang bertepatan tanggal 12 robiul awal.

Hari maulid nabi Muhammad seringkali dirayakan oleh beberapa umat muslim dengan menggelar acara keagamaan. Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa penting bagi umat muslim. Beberapa hadits perihal maulid nabi Muhammad sudah mengatakan hal itu dengan jelas.

Peringatan maulid nabi Muhammad dilakukan untuk memuliakan dan menghayati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Melansir dari situs unisia.ac.id, menurut catatan Sayyid al-Bakri, pelopor kegiatan Maulid Nabi yaitu al-Mudzhaffar Abu Sa’id, seorang raja di daerah Irbil, Baghdad.

Baca Juga: Resep Kuliner Hari Ini: Cara Membuat Pempek Dos Tanpa Ikan, Rasanya Dijamin Enak

Perayaan maulid nabi Muhammad ketika itu dilaksanakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan berkumpul di suatu tempat.

Para masyarakan berbarengan dengan membaca ayat suci Al Quran dan berbagai sejarah kehidupan dan perjuangan Rasulullah SAW, melantuntan shalawat dan syair-syair kepada Rasulullah serta diisi pula dengan ceramah agama. [al-Bakri bin Muhammad Syatho, I`anah at-Thalibin, Juz II, hal 364]

Untuk itu, inilah penjelasan tetang hadits maulid nabi Muhammad:

Baca Juga: Doa Ketampanan Nabi Yusuf, Aura Wajah Terpancar Jika Mengamalkannya Setiap Hari

1. Hadits tentang memperingati Maulid Nabi

Halaman:

Editor: Abdul Halim Trian Fikri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Obat Doa Galau, Mungkin Bisa Membantu Kalian

Senin, 27 Juni 2022 | 16:25 WIB
X