Harga BBM Semakin Melonjak, ini dia 4 Cara Menghemat BBM yang Mudah Dilakukan Pengemudi

- Jumat, 30 September 2022 | 11:06 WIB
Cara Menghemat BBM (Foto/Pixels-Skitterphoto)
Cara Menghemat BBM (Foto/Pixels-Skitterphoto)

SEWAKTU.com - Energi minyak bumi yang terus terkeruk, ketersediaannya akan habis dalam jangka waktu kedepan. Dampak yang kini dirasakan oleh masyarakat ialah harga BBM yang melonjak. Padahal para pengemudi, mesti menghemat BBM yang mudah dilakukan.

Kenaikan harga bbm yang kerap diimbangi oleh kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, menambah beban dan mempersulit keadaan ekonomi masyarakat Indonesia serta mendorong pengemudi melakukan cara untuk menghemat BBM yang harganya kian melonjak

Meski tak semua orang menggunakan kendaraan pribadi, namun sejumlah masyarakat menjadikan kendaraan mereka sebagai mobilitas utama menuju tempat kerja dan lokasi penting lainnya. Cara menghemat konsumsi BBM agar tidak melonjak dan mudah dilakukan pengemudi, menjadi nilai tambah.

Baca Juga: Pertamina Takut Tersaingi, Harga BBM Vivo Revvo 89 Dipaksa Naik

Bijak mengoperasikan kendaraan, akan membantu anda menekan konsumsi BBM agar menjadi hemat seperti cara berikut ini.

1. Tidak Melakukan Akselerasi Spontan

Tidak Melakukan Akselerasi Spontan (Muhammad Zikril Makbul Anwar)

Tarikan tuas gas pada motor, maupun injakan pedal gas pada mobil yang dilakukan secara spontan akan membuka sistem katup dan berpengaruh pada aktivitas pembakaran di ruang bakar mesin.

Ia akan menyedot lebih banyak cairan BBM dan membuat kendaraan anda lebih boros dari semestinya. Berkendara secara aman dan tidak melakukan akselerasi spontan, akan berdampak positif bagi konsumsi bbm dan keselamatan anda di jalan.

Halaman:

Editor: Muhammad Zikril Makbul Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X