• Senin, 24 Januari 2022

Pers dan Sumpah Pemuda: Bagaimana Peran Jurnalis?

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 22:30 WIB
Pers & Sumpah Pemuda di Pameran Sumpah Pemuda "Lawan" di M Bloc Space Jakarta Selatan
Pers & Sumpah Pemuda di Pameran Sumpah Pemuda "Lawan" di M Bloc Space Jakarta Selatan

SEWAKTU.com -- Pers atau jurnalis sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pasalnya dalam sejarahnya jurnalis berperan penting dari masa pra kemerdekaan sampai setelah Indonesia merdeka.

Pers atau produk jurnalistik sebagai sarana dan suatu alat pemersatu bangsa kala itu, ternyata memiliki peran penting juga dalam peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Sumpah Pemuda tidak pernah terlepas dari peran-peran pelajar di seluruh bagian Indonesia, di mana pada saat itu diadakan penyelenggaraan kongres pemuda oleh organisasi-organisasi pelajar.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Muhammad Yamin, Pahlawan yang Menulis Naskah Sumpah Pemuda Hingga Dirinya Wafat

Kongres pemuda digelar selama dua kali. Pertama pada tahun 1926 dan yang kedua pada tanggal 27 sampai 28 Oktober tahun 1928 di Jakarta.

Pers atau jurnalis ternyata melatarbelakangi terjadinya Sumpah Pemuda. Berkembangnya Pers pada masa itu menggigihkan semangat juang nasionalisme masyarakat Indonesia kala itu. Berkembangnya Pers juga diikuti dengan majunya bangsa Indonesia agar lepas dari jeratan para penjajah.

Bahkan, Presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno beliau merupakan seorang jurnalis. Beliau telah banyak menulis tulisan-tulisan yang kuat dan tajam dalam cerita sejarah.

Baca Juga: Mencari Tahu Siapa Sosok Penulis Naskah Sumpah Pemuda Pada 28 Oktober 1928 Lalu

Sejak zaman itu, Pers dijadikan wadah atau tempat untuk masyarakat Indonesia melemparkan kritik terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah. Dalam arti, Pers merupakan alat penyambung lidah masyarakat Indonesia kepada mereka yang duduk di atas sebagai kaki tangan rakyat.

Halaman:

Editor: Idrus Fahmi

Sumber: Putri Annisya Alfachrin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X