• Sabtu, 20 Agustus 2022

Biaya Mengubah HGB ke SHM, Begini Contoh Rumus Perhitungan Biayanya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:11 WIB
Illustrasi Biaya Mengubah HGB ke SHM, Begini Contoh Rumus Perhitungan Biayanya. (Antara)
Illustrasi Biaya Mengubah HGB ke SHM, Begini Contoh Rumus Perhitungan Biayanya. (Antara)

SEWAKTU.COM - Berapa biaya mengubah HGB ke SHMHGB atau Hak Guna Bangunan merupakan sertifikat sebagai bukti untuk memperoleh hak penggunaan lahan untuk mendirikan bangunan baik untuk keperluan usaha maupun sebagai tempat tinggal. Berbeda dengan SHM atau Sertifikat Hak Milik yang menandakan kepemilikan dari sebuah lahan dan sebagai tanda legalitas terkuat.

HGB memiliki jangka waktu yakni maksimal 30 tahun dan setelahnya harus diperpanjang. Perpanjangan HGB tentunya dengan biaya. Apabila tidak diperpanjang maka akan dicabut dan kembali kepada pemiliknya baik itu negara, pengelola perseroan maupun perorangan. Kira-kira berapa biaya mengubah HGB ke SHM?

Biasanya pengembang menyediakan jasa untuk membantu mengubah HGB menjadi SHM. Ada juga yang meminta pemilik untuk mengurusnya sendiri. Apabila harus mengurus sendiri berarti ada biaya peningkatan yang harus dibayarkan. Simak biaya mengubah HGB ke SHM.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

Cara Mengurus HGB ke SHM

Sebelum mencari tahu biaya peningkatan HGB ke SHM yang harus dibayarkan, terlebih dahulu akan mencari tahu cara mengurusnya. Saat mengurusnya harus mempersiapkan syarat HGB ke SHM. Apa saja syarat yang dibutuhkan? Simak uraian di bawah ini.

1. Sertifikat Asli HGB

Dokumen pertama yang harus dipersiapkan adalah sertifikat asli HGB. Anda akan sulit memperoleh SHM tanpa adanya sertifikat asli HGB. Meski membutuhkan sertifikat aslinya, tidak ada salahnya untuk membawa beberapa lembar fotokopinya.

2. Fotokopi IMB Tempat Tinggal

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X