• Sabtu, 20 Agustus 2022

Jam Berapa Bom Hiroshima Dijatuhkan? Simak Penjelasan Lengkapnya!

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:16 WIB
Jam Berapa Bom Hiroshima Dijatuhkan? Simak Penjelasan Lengkapnya! (Foto/Pexels.)
Jam Berapa Bom Hiroshima Dijatuhkan? Simak Penjelasan Lengkapnya! (Foto/Pexels.)

SEWAKTU.COM - Kira-kira jam berapa bom Hiroshima? Pada akhir Juli 1945, pemerintah militer Jepang menolak permintaan Sekutu untuk menyerah yang dituangkan dalam Deklarasi Potsdam, yang mengancam Jepang dengan “kehancuran segera dan total” jika mereka menolak.

Jenderal Douglas MacArthur dan komandan tinggi militer lainnya lebih memilih melanjutkan pemboman konvensional Jepang yang sudah berlaku dan menindaklanjuti dengan invasi besar-besaran, dengan nama sandi "Operation Downfall". Lalu, jam berapa bom Hiroshima?

Mereka memberi tahu Truman bahwa invasi semacam itu akan mengakibatkan korban AS hingga 1 juta. Untuk menghindari tingkat korban yang begitu tinggi, Truman memutuskan, meski atas keberatan moral dari Sekretaris Perang Henry Stimson, Jenderal Dwight Eisenhower dan sejumlah ilmuwan Proyek Manhattan, untuk menggunakan bom atom dengan harapan perang ke cepat berakhir. Simak lebih lanjut jam berapa bom Hiroshima.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

Para pendukung bom atom seperti James Byrnes, percaya bahwa kekuatan dahsyatnya tidak hanya akan mengakhiri perang, tetapi juga menempatkan AS dalam posisi dominan untuk menentukan arah dunia pascaperang.

Dijatuhkannya Little Boy di Atas Hiroshima

Hiroshima merupakan kota pusat manufaktur yang terletak sekitar 500 mil dari Tokyo. Hiroshima dipilih sebagai target pertama bom atom.

Setelah tiba di pangkalan AS di pulau Pasifik Tinian, bom uranium-235 seberat lebih dari 9.000 pon dimuat di atas pesawat pengebom B-29 yang dimodifikasi yang diberi nama Enola Gay.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Sampai Meneteskan Air Mata

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X