• Sabtu, 20 Agustus 2022

Dampak Bom Hiroshima dan Nagasaki Terhadap Kemerdekaan Indonesia, Begini Penjelasannya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:59 WIB
Dampak Bom Hiroshima dan Nagasaki Terhadap Kemerdekaan Indonesia, Begini Penjelasannya (Foto/Twitter: @Mah5Utari.)
Dampak Bom Hiroshima dan Nagasaki Terhadap Kemerdekaan Indonesia, Begini Penjelasannya (Foto/Twitter: @Mah5Utari.)

SEWAKTU.COM - Apa saja dampak bom Hiroshima dan Nagasaki terhadap kemerdekaan Indonesia? Bom atom yang dijatuhkan sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang secara tidak langsung memberi jalan kemerdekaan untuk Indonesia. Proklamasi yang sudah disiapkan sebelumnya menjadi bisa digelar lebih cepat.

Pengeboman kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 membuat Jepang menyerah kepada sekutu. Dengan demikian, kekuasaannya di Indonesia pun jadi tak berarti. Lalu, apalagi dampak bom Hiroshima dan Nagasaki terhadap kemerdekaan Indonesia?

Ini menjadi pemicu gerakan kemerdekaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Jepang kalah sehingga kita bisa mempercepat kemerdekaan. Simak Selengkapnya tentang dampak bom Hiroshima dan Nagasaki terhadap kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

 

Kabar pengeboman di Nagasaki dan Hiroshima menyebar luas lewat radio-radio berita. Para pemimpin pergerakan Indonesia pun langsung mengolah informasi ini dan membagikannya ke para aktivis lain, mereka jadi lebih bersemangat.

Kala itu, tepatnya pada 12 Agustus 1945, kaisar Jepang Hirohito mengumumkan secara terbuka untuk menyerah. Dia mengatakan, musuh memiliki senjata mematikan untuk membunuh banyak korban tak bersalah.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Sampai Meneteskan Air Mata

Bila perang dilanjutkan, maka akan menyebabkan kehancuran di seluruh Jepang dan kemusnahan umat manusia. Dia (Kaisar Jepang) memilih untuk kalah daripada warga Jepang dimusnahkan.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X