• Sabtu, 20 Agustus 2022

Berapa Korban Bom Hiroshima? Begini Penjelasannya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:17 WIB
Berapa Korban Bom Hiroshima? Begini Penjelasannya (Foto/Istimewa.)
Berapa Korban Bom Hiroshima? Begini Penjelasannya (Foto/Istimewa.)

SEWAKTU.COM - Peristiwa mengerikan terjadi di hari senin yang cerah, saat para penduduk Hiroshima telah memulai aktivitasnya. Semuanya seketika berubah, pada 6 Agustus 1945, pukul 08.15 pagi waktu Hiroshima, bom seberat 4 ton dijatuhkan. Terbayangkah anda berapa korban jiwa bom Hiroshima?

Ledakan hebat dan kehancuran terjadi. Radiasi dalam jangkauan yang luas memberikan imbas mengerikan kepada penduduk kota. Warga Hiroshima telah menjadi korban keganasan bom nuklir. Kira-kira berapa korban bom Hiroshima??

Selang 3 hari berikutnya, di hari kamis, 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan. Amerika Serikat menginginkan tujuan politiknya tercapai, saat Jepang menyatakan menyerah pada Perang Dunia Kedua. Simak berapa korban bom Hiroshima.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

Kepentingan politik itu hanya memberikan dampak terburuk sepanjang sejarah kemanusiaan. Sekitar 140.000 penduduk Hiroshima tewas, dan sekitar 74.000 penduduk Nagasaki tewas karena keganasan bom.

Nahas, beberapa diantaranya menyebabkan dampak pada sejumlah ibu hamil dan anak-anak yang sangat berpengaruh pada kehidupannya di masa depan. Banyak yang ibu hamil yang mengalami keguguran dan anak-anak yang menjadi yatim piatu.

"Tidak ada peningkatan yang signifikan secara statistik, tetapi yang utama adalah berdampak pada cacat lahir atau hasil dari kehamilan yang tidak diinginkan lainnya, terlihat di antara anak-anak yang selamat, terlahir cacat," tulis laporan penelitian RERF.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Sampai Meneteskan Air Mata

Radiation Effect Research Foundation (RERF) melaporkan dampak dari ledakan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima, dalam kajiannya berjudul Birth Defects among the Children of Atomic-bomb Survivors (1948-1954).

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X