• Sabtu, 2 Juli 2022

Ilmu Santet Menurut Ilmu Kedokteran? Begini Kata Guru Besar Kedokteran

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:20 WIB
Illustrasi Ilmu Santet Menurut Ilmu Kedokteran? (Foto/Pinterest.)
Illustrasi Ilmu Santet Menurut Ilmu Kedokteran? (Foto/Pinterest.)

SEWAKTU.COM - Nah kita akan membahas tentang ilmu santet atau ilmu hitam telah dipercaya masyarakat sejak berabad lalu untuk mengindikasikan penyakit yang menurut mereka tidak jelas asal muasalnya. Pada beberapa kasus, santet diibaratkan sebagai penyakit 'kiriman'. Beberapa sumber menyebut santet adalah upaya untuk mencelakai orang lain menggunakan ilmu hitam dengan media seperti rambut, foto, boneka, dupa, kembang, paku, dan sebagainya.

Ilmu hitam atau ilmu santet juga sering dikaitkan dengan ajang balas dendam kepada orang lain. Mereka yang kena santet dilaporkan mengalami penyakit yang tidak diketahui penyebabnya, datang tiba-tiba dan bersifat kronis. Bisa juga munculnya benda-benda asing di tubuh seperti rambut, paku, atau benda tajam lainnya, dikaitkan dengan santet.

Dalam keterkaitannya dengan ilmu kedokteran, praktisi kedokteran dan Guru Besar dari fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebut tidak ada istilah ilmu santet dalam medis. Terlepas dari bagaimana benda asing ada di tubuh pasien, tetap harus ditelurusi lebih lanjut. Dokter dan tenaga medis bekerja sesuai pemeriksaan fisik dan penunjang.

Baca Juga: Ilmu Santet Arab Saudi? Menguak Tabir Kegelapan Arab Saudi

Dari situ kemudian dilakukan diagnosis atau terapi yang bisa diberikan ke pasien. Jika memang ditemukan ada benda-benda aneh di tubuh pasien, tindakan dokter adalah mengeluarkan benda asing tersebut. Saat ini, menurutnya, masih banyak masyarakat yang kadang salah kaprah terhadap suatu penyakit.

Misalnya muntah darah, kondisi medis yang kerap kali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis padahal terdapat indikasi tertentu yang menyebabkan seseorang mengalami muntah darah. Muntah darah atau hematemesis memiliki banyak penyebab. Biasanya merupakan hasil cedera, penyakit tertentu, atau penggunaan obat.

Santet ini menggunakan media berupa boneka, foto, atau benda lainnya yang bisa menghubungkan tubuh korban. Tidak jarak, orang yang terkena santet seperti ini mengalami sakit yang luar biasa pada bagian perutnya. Kondisi terparahnya korban bisa mengalami kematian.

Baca Juga: Ilmu Santet Online, Ilmu Sihir Kuno Jadi Modern

Santet ini sangat populer di hampir seluruh wilayah pulau Jawa dari barat hingga ke timur. Hingga sekarang, masih banyak orang yang menceritakan adanya korban santet jenis ini. Santet yang satu ini bisa mengontrol korban layaknya boneka tali. Seakan korban dihubungkan dengan tali yang tak kasatmata dari jarak yang jauh.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X