• Sabtu, 20 Agustus 2022

Layanan dan Jenis Penyakit Apa Saja yang Tidak Ditanggung BPJS?

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 23:17 WIB
Layanan dan Jenis Penyakit Apa Saja yang Tidak Ditanggung BPJS? (bpjs-kesehatan.go.id)
Layanan dan Jenis Penyakit Apa Saja yang Tidak Ditanggung BPJS? (bpjs-kesehatan.go.id)

SEWAKTU.COM - Apa saja layanan dan jenis penyakit tidak ditanggung BPJS? Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah salah satu ‘asuransi’ bagi masyarakat Indonesia. Jika memiliki kartu BPJS dan taat membayar iuran setiap bulan, biaya pengobatan kamu akan dibiayai pemerintah.

Memiliki BPJS Kesehatan memang sangat menguntungkan. Akan tetapi, ‘kartu ajaib’ ini ternyata tidak bisa digunakan untuk semua layanan kesehatan maupun penyakit. Kira-kira layanan dan jenis penyakit tidak ditanggung BPJS itu apa saja ya?

Dengan kata lain, ada beberapa layanan kesehatan atau penyakit yang tidak ditanggung BPJS. Simak layanan dan jenis penyakit tidak ditanggung BPJS.

Baca Juga: Luka Psikologis Batin Itu Apa? Jangan Dibiarkan Kenali Luka Mendalam untuk Kesehatan Mental

Dikutip dari Panduan Layanan bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), berikut ini beberapa daftar layanan dan penyakit yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan:

  1. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  2. Pelayanan kesehatan yang dilakukan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS kesehatan, kecuali dalam keadaan darurat.
  3. Pelayanan kesehatan terhadap penyakit atau cedera akibat kecelakaan kerja atau hubungan kerja yang telah dijamin oleh program jaminan kecelakaan kerja atau menjadi tanggungan pemberi kerja.
  4. Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas yang bersifat wajib sampai nilai yang ditanggung oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas sesuai hak kelas rawat peserta.

Baca Juga: Tahu Tidak Jika Ternyata Ada Bahaya Minuman Dingin Mengintai Kesehatan Anda, Ini Kata Ahli

Pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri. Kartu ini hanya bisa digunakan di dalam negeri, dan di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama.
Pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik atau kecantikan.

Yang dimaksud adalah perawatan atau bedah plastik, suntik filler, sulam alis, dan metode kecantikan lainnya.

Perawatan gigi. Misal, behel tidak bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, beberapa perawatan gigi lainnya seperti penambalan untuk gigi berlubang dan pencabutan gigi permanen tanpa penyulit bisa dilakukan.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X