• Sabtu, 20 Agustus 2022

Peringatan Bom Hiroshima, 77 Tahun Peringatan Bom Hiroshima Pada Tanggal 6 Agustus

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:58 WIB
Peringatan Bom Hiroshima, 77 Tahun Peringatan Bom Hiroshima Pada Tanggal 6 Agustus (Foto/Freepick.)
Peringatan Bom Hiroshima, 77 Tahun Peringatan Bom Hiroshima Pada Tanggal 6 Agustus (Foto/Freepick.)

SEWAKTU.COM - Berikut peringatan bom Hiroshima. Ketegangan AS dan Jepang telah terjadi sebelum Perang Dunia II. Jepang menduduki wilayah Cina Timur yang menyebabkan perang antara kedua negara pada 1937.

AS menghentikan ekspor ke Jepang, lalu Jepang melakukan tindakan agresif. Pada 7 Desember 1941, Jepang melancarkan serangan udara di pangkalan udara AS, Pearl Harbor di Hawaii yang menewaskan ribuan korban. Ini dia peringatan bom Hiroshima selengkapnya di sewaktu.com.

Dinilai sebagai kejahatan perang karena tak ada pemberitahuan, AS mulai merencanakan sebuah invasi. Karena invasi darat cukup sulit untuk dilakukan, AS sudah mempersiapkan bom atom yang dirakit sejak tahun 1930. Bom ini siap digunakan pada tahun 1945 apabila Jepang tidak menyerah. Simak peringatan bom Hiroshima.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

Karena Jepang tidak menunjukkan bendera putih, pada tanggal 6 Agustus 1945, sebuah pesawat Amerika Serikat Enola Gay B-29 menjatuhkan bom atom bernama Little Boy di Hiroshima. Ledakan ini menimbulkan korban hingga 140 ribu jiwa.

Tiga hari kemudian, tepatnya tanggal 9 Agustus 1945, AS kembali menjatuhkan bom atom bernama Fat Man di Kota Nagasaki, Jepang.

Dalam ledakan ini, sekitar 80 ribu jiwa kehilangan nyawa. Di kedua kota tersebut, sebagian besar orang yang meninggal adalah warga sipil.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Sampai Meneteskan Air Mata

Kota Hiroshima dan Nagasaki dipilih sebagai target pengeboman karena merupakan pusat militer dan industri yang memasok sumber daya angkatan bersenjata Jepang.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X