• Sabtu, 20 Agustus 2022

Mengapa Hiroshima dan Nagasaki Menjadi Target Bom Atom AS?

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:01 WIB
Mengapa Hiroshima dan Nagasaki Menjadi Target Bom Atom AS? (Foto/Pinterest.)
Mengapa Hiroshima dan Nagasaki Menjadi Target Bom Atom AS? (Foto/Pinterest.)

SEWAKTU.COM - Berikut alasan mengapa Hiroshima dan Nagasaki menjadi target bom atom AS? Tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 menjadi hari bersejarah yang tidak pernah terlupakan bagi Jepang dan masyarakat dunia, karena Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Aksi pengeboman Hiroshima dan Nagasaki adalah bentuk balasan dari pihak AS yang lebih dulu diserang oleh Jepang pada 7 Desember 1941. Pada 7 Desember 1941, pesawat tempur Jepang menghancurkan armada Pasifik AS yang berbasis di Pearl Harbor, Hawaii. Lalu, apa sebenarnya alasan mengapa Hiroshima dan Nagasaki menjadi target bom atom AS?

Sebagai kelanjutan dari serangan yang dilakukan oleh Jepang terhadap pangkalan laut Amerika Serikat, maka Jepang harus menelan pil pahit. Pasalnya, Amerika Serikat membalas serangan tersebut dengan tujuan ingin segera menyelesaikan perang, yaitu mengirimkan pesawat pembawa bom atom ke Jepang. Simak lebih lanjut tentang mengapa Hiroshima dan Nagasaki menjadi target bom atom AS.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

Kota yang menjadi sasaran pengeboman adalah Hiroshima dan Nagasaki. Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima, yang kemudian disusul bom lanjutan di Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Lalu, mengapa Hiroshima dan Nagasaki yang menjadi target bom Amerika Serikat? Kandidat target bom atom Setelah pangkalan angkatan lautnya di Pearl Harbor dibom oleh Jepang, Amerika Serikat langsung membalasnya dengan membombardir Tokyo.

Tokyo, yang merupakan ibu kota Jepang, cukup lumpuh akibat serangan tersebut. Selain itu, AS memusatkan perhatiannya pada proyek pengembangan bom atom atau dikenal sebagai Proyek Manhattan.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Sampai Meneteskan Air Mata

Pada awalnya, beberapa tokoh AS menjadikan Kokura, Hiroshima, Yokohama, dan Kyoto sebagai target, karena Tokyo tidak mungkin menjadi target untuk kedua kalinya.  Alasannya, Kokura memiliki salah satu pabrik amunisi terbesar di Jepang, sementara Hiroshima adalah pusat industri dan markas militer besar.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X