• Sabtu, 20 Agustus 2022

Negara Mana yang Menjatuhkan Bom Hiroshima? Simak Penjelasan Detailnya Disini

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:05 WIB
Negara Mana yang Menjatuhkan Bom Hiroshima? Monumen bom Hiroshima. (Foto/Pinterest.)
Negara Mana yang Menjatuhkan Bom Hiroshima? Monumen bom Hiroshima. (Foto/Pinterest.)

SEWAKTU.COM - Siapa atau negara mana yang menjatuhkan bom Hiroshima? Sekutu ingin memaksa Jepang menyerah dalam Perang Dunia II tanpa syarat kepada Sekutu. Blok Sekutu terdiri dari Inggris, Perancis, Uni Soviet, China, dan Amerika Serikat. 

Lalu, pada Juli 1945, program pengembangan senjata nuklir AS yg bernama “Manhattan project” sukses melaksanakan uji coba bom atom di Gurun New Mexico. Berdasarkan perjanjian Quebec, Sekutu bersepakat untuk menggunakan senjata nuklir untuk memaksa Jepang agar segera menyerah dalam Perang Dunia II. 

Dirangkum dari laman Kebudayaan Kemdikbud, pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom pertama di Hiroshima. Lalu, pada 9 Agustus 1945, Sekutu kembali menjatuhkan bom atom di Nagasaki. Simak negara mana yang menjatuhkan bom Hiroshima.

Baca Juga: Isi Chat WA Rahasia istri Irjen Ferdy Sambo ke Brigadir J: Kamu Staf yang Baik...

Dampak bom atom Hiroshima dan Nagasaki, sebanyak 200.000 lebih rakyat Jepang tewas. Sebagian besar korban adalah warga sipil. Dua pengeboman ini adalah penggunaan senjata nuklir masa perang untuk pertama dan terakhir kalinya dalam sejarah. 

Rinciannya, sekitar 140.000 penduduk Hiroshima tewas, dan sekitar 74.000 penduduk Nagasaki tewas akibat bom atom Hiroshima dan Nagasaki. Sebanyak 70% bangunan di Hiroshima rata dengan tanah.

Sedangkan di Nagasaki, ledakan bom atom menyebabkan terbentuknya awan menyerupai kubah jamur setinggi 13 kilometer menjulang ke udara kota Hiroshima dan Nagasaki. Sesudahnya, gelombang panas menyapu kota menyebabkan kebakaran dan diikuti hujan abu yang mengguyur seluruh kota. 

Baca Juga: Kisah Perjuangan Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih Sampai Meneteskan Air Mata

Kemudian, pada  14 Agustus 1945, Jepang terpaksa menyerah tanpa syarat kepada Sekutu dan dokumennya ditandatangani pada 2 September 1945 di atas kapal perang USS Misssouri yang berlabuh di Teluk Tokyo. 

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X