• Jumat, 2 Desember 2022

6 Alasan Orang Mudah Menangis, Selain Mengekspresikan Emosi Air Mata Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Lho!

- Minggu, 25 September 2022 | 18:39 WIB
Ilustrasi 6 Alasan Orang Mudah Menangis, Selain Mengekspresikan Emosi Air Mata Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Lho! (Foto/Freepik.)
Ilustrasi 6 Alasan Orang Mudah Menangis, Selain Mengekspresikan Emosi Air Mata Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Lho! (Foto/Freepik.)

SEWAKTU.com - Berikut alasan orang mudah menangis. Menangis adalah pengalaman universal yang dapat dirasakan setiap orang kapan saja dan dengan alasan apa pun. Selain untuk mengekspresikan emosi, air mata juga baik untuk kesehatan.

Tidak ada standar resmi untuk jumlah tangisan sehat per orang. Beberapa orang merasa sulit untuk menangis dan beberapa orang mudah menangis karena hal-hal sepele. Lalu, apa saja alasan orang mudah menangis?

Namun, ketika seseorang menangis terlalu banyak atau tidak mampu mengendalikan emosi tersebut, terkadang hal ini bisa membuat seseorang tidak nyaman dan bingung dengan keadaannya. Jadi apa alasan orang mudah menangis? Dilansir dari berbagai sumber, inilah jawabannya.

Baca Juga: 10 Fakta Psikologi Orang Berbohong, Sekali Berbohong Pasti Akan Terus Berbohong

1. Hormon

Umumnya, perempuan lebih sering menangis daripada laki-laki. Ini bisa menandakan bahwa hormon memengaruhi perbedaan menangis di antara orang-orang. Testosteron, hormon yang lebih tinggi pada laki-laki, dapat menghalangi tangisan, sedangkan prolaktin yang lebih tinggi pada perempuan dapat menyebabkan tangisan.

Hormon banyak menentukan bagaimana tubuh berfungsi dan kadarnya dapat menyebabkan beragam gejala. Jika ada sesuatu yang memengaruhi hormon, seperti tidur, stres, atau obat-obatan, kemungkinan itu dapat memengaruhi seberapa banyak seseorang menangis.

2. Depresi

Depresi adalah gangguan mood yang ditandai dengan perasaan sedih atau mati rasa yang terus-menerus yang dapat menyebabkan tangisan yang tidak terkendali. Selain itu, tanda-tanda depresi sering disertai dengan perasaan sedih, putus asa, hampa, kehilangan minat, gangguan tidur, dan kelelahan.

Baca Juga: 8 Fakta Psikologi Orang Pendiam, Diam dan Tak Banyak Bicara Bukan Berarti Introvert Lho

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Cara untuk Menambah Nafsu Makan Ketika Sakit

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:41 WIB
X