• Sabtu, 1 Oktober 2022

Cara Menghadapi Silent Treatment, Apakah Benar Ini Tindakan Menyebalkan dan Tidak Dewasa?

- Jumat, 23 September 2022 | 22:22 WIB
Ilustrasi Cara Menghadapi Silent Treatment, Apakah Benar Ini Tindakan Menyebalkan dan Tidak Dewasa? (Foto/Freepik.)
Ilustrasi Cara Menghadapi Silent Treatment, Apakah Benar Ini Tindakan Menyebalkan dan Tidak Dewasa? (Foto/Freepik.)

SEWAKTU.com - Berikut cara menghadapi silent treatment. Anda pasti pernah beberapa kali bertengkar dengan pasangan, mulai dari yang sepele hingga yang sangat serius.

Namun, pernahkah Anda menjumpai pasangan yang tidak banyak bicara saat bertengkar dan acuh terhadap kehadiran Anda? Lantas, bagaimana cara menghadapi silent treatment ini?

Dia mendengar apa yang dikatakan pihak lain, tetapi memilih untuk mengabaikannya dan sibuk melakukan pekerjaannya sendiri. Perlakuan ini disebut silent treatment. Tentu saja tindakan ini menjengkelkan dan tidak dewasa.

Ada beberapa cara menghadapi silent treatment agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Yuk, langsung simak di bawah ini!

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Pasangan Selingkuh, Jangan Langsung Emosi! Perhatikan Cara Berikut Ini

1. Mengetahui penyebab masalah

Umumnya, seseorang akan bertindak karena suatu alasan. Kamu sebaiknya tidak berasumsi tentang sesuatu yang sedang dirasakan seseorang, bisa jadi asumsi tersebut tidak benar dan justru dapat membuat orang lain tersinggung yang malahan bisa membuat keadaan semakin buruk. Seperti halnya perilaku silent treatment yang dilakukan oleh pasangan.

Banyak orang mungkin merasa kesulitan dalam mengungkapkan perasaannya melalui kata-kata, jadi mereka memilih untuk diam. Untuk menghadapinya, kamu dapat mengajak pasangan untuk mengeluarkan apa yang sedang mereka pikirkan atau mempertanyakan situasi yang terjadi.

Cara ini dapat menunjukkan rasa kepedulian, sehingga membuat pasangan bisa lebih jujur. Sikap ini bisa menjadi bukti bahwa komunikasi adalah salah satu solusi yang terbaik dari setiap permasalahan.

2. Metode sandwich

Saat pasangan melakukan silent treatment, kamu disarankan untuk tidak ikut meniru perlakuan ini. Kamu tentu tahu, bahwa diam bukanlah jalan keluar terbaik dari sebuah permasalahan. Oleh karena itu, dekati pasangan dengan sikap yang tenang dan lembut.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X