• Sabtu, 20 Agustus 2022

Surya Darmadi, Koruptor Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia yang Merugikan Negara Sebesar Rp 78 Triliun

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:23 WIB
Surya Darmadi, Koruptor Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia yang Merugikan Negara Sebesar Rp 78 Triliun. (Foto/APINDO.)
Surya Darmadi, Koruptor Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia yang Merugikan Negara Sebesar Rp 78 Triliun. (Foto/APINDO.)

SEWAKTU.COM - Berikut  koruptor terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memastikan, terlibat aktif mengusut transaksi keuangan Surya Darmadi, tersangka kasus dugaan korupsi penguasaan lahan sawit.

Kasus Surya yang merugikan negara senilai Rp 78 triliun disebut-sebut sebagai kasus korupsi terbesar sepanjang sejarah di Indonesia. PPATK pun terlibat aktif dalam menelusuri transaksi keuangan maupun asetnya.

"PPATK ikut membantu teman-teman Kejaksaan proaktif dan reaktif. Jadi selain kita menunggu inquiry dari teman-teman Kejaksaan, teman-teman penyidik, kita juga melakukan upaya anlisis sendiri langsung berdasarkan database PPATK," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavananda. Simak koruptor terbesar sepanjang sejarah Indonesia, Surya Darmadi.

Baca Juga: Kisah Mahasiswa Indonesia Menjadi Korban Radiasi Bom Hiroshima

Ivan mengatakan, hingga saat ini PPATK belum memblokir rekening Surya. Dia juga mengaku, pihaknya masih terus menelusuri keberadaan aset-aset Surya untuk dijadikan sebagai aset yang bisa memulihkan keuangan negara dari hasil korupsinya.

Lebih jauh, ia juga memastikan hingga kini belum ada pemblokiran aset karena PPATK masih dalam proses menganalisisnya. "Dalam proses pendalaman, kita masih melakukan penelusuran lebih lanjut terkait transaksi-transaksi yang ada," ucapnya. "Asetnya banyak di dalam atau luar negeri itu masih dalam penelitian."

Kejaksaan Agung sendiri masih berupaya memulangkan Surya Darmadi dari Singapura dengan berkoordinasi bersama Kejaksaan Singapura.

Baca Juga: Korban Selamat Bom Hiroshima, Begini Kisah Tsutomu Yamaguchi

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana menyebutkan, setelah penetapan tersangka, pihaknya telah memanggil Surya Darmadi secara patut ke alamatnya yang ada di Indonesia, tetapi yang bersangkutan belum hadir.

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X