• Sabtu, 20 Agustus 2022

Inilah 5 Alasan Mengapa Amerika Bom Atom Jepang

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:15 WIB
Inilah 5 Alasan Mengapa Amerika Bom Atom Jepang (Foto/Istimewa.)
Inilah 5 Alasan Mengapa Amerika Bom Atom Jepang (Foto/Istimewa.)

SEWAKTU.COM - Bukan tanpa alasan AS menjatuhkan bom atom yang punya kekuatan ledak maha dahsyat itu di Hiroshima dan Nagasaki. Lalu, mengapa Amerika bom atom Jepang?

Mereka bahkan benar-benar memikirkan detail hingga hasil ledakkannya. Kejam? Memang. Tapi itulah yang bisa dilakukan AS untuk membuat Jepang bertekuk lutut dan mau menyerah tanpa syarat, alih-alih mengabarkan kepada dunia bahwa senjata baru yang dimiliki AS itu punya daya hancur yang sangat luar biasa. Apa alasan mengapa Amerika bom atom Jepang?

Lalu, mengapa Amerika bom atom Jepang? Mengapa AS akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Hiroshima dan Nagasaki untuk menjadi target pengeboman mereka?

Baca Juga: Berapa Korban Bom Hiroshima? Begini Penjelasannya

1. Padat penduduk

Hiroshima saat Perang Dunia II penduduknya mencapai 318.900 orang. Kepadatan penduduk ini juga menyebabkan ramainya aktivitas warga sipil kala itu. Ketika bom atom yang diberi nama "Little Boy" itu telah diluncurkan, 44 detik kemudian bom atom tersebut meledak dalam radius kehancuran mencapai 1,6 km.

Ini juga menyebabkan 11 km persegi area kota terbakar hebat. Kurang lebih ada 70.000-126.000 warga sipil yang kala itu sedang beraktivitas meniggal dunia. Sebagian warga sipil yang tak langsung meninggal pun akhirnya menderita efek radiasi yang dampaknya tak kalah mengerikan.

2. Pusat berkumpulnya tentara dan pelabuhan keberangkatan penting

Amerika Serikat menilai Hiroshima sebagai pilihan terbaik untuk dijatuhkan bom. Tak hanya dipadati oleh penduduk, tapi juga menjadi pusat berkumpulnya para tentara dan pelabuhan embarkasi penting yang semuanya terletak di tengah perkotaan, sehingga dampak 'pertunjukkan' bomnya bisa terjamah dengan baik dan lebih efektif. Sekitar 200.000 orang tentara meninggal seketika dalam peristiwa tersebut.

Baca Juga: Jam Berapa Bom Hiroshima Dijatuhkan? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X