• Sabtu, 20 Agustus 2022

Bagaimana Kondisi Hiroshima Setelah Bom Atom Jatuh? Mengenang Tragedi Bom Hiroshima

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:50 WIB
Bagaimana Kondisi Hiroshima Setelah Bom Atom Jatuh? Mengenang Tragedi Bom Hiroshima (Bonsernews.com/www,berpendidikan.com)
Bagaimana Kondisi Hiroshima Setelah Bom Atom Jatuh? Mengenang Tragedi Bom Hiroshima (Bonsernews.com/www,berpendidikan.com)

SEWAKTU.COM - Bagaimana kondisi Hiroshima setelah bom atom jatuh? 70% kota Hiroshima hancur. Sudah 77 tahun sejak AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 selama Perang Dunia II di Pasifik.

Bom tersebut mengandung uranium yang diperkaya dan memiliki hasil ledakan 13 kiloton TNT. Ini dia bagaimana kondisi Hiroshima setelah bom atom jatuh.

Pemboman Hiroshima menghancurkan segalanya dalam jarak 1,5 kilometer (1 mil) dari ground zero dan menciptakan panas yang membakar 3.000 C (5.432 F) di pusatnya. Bom itu menghancurkan 70 persen Hiroshima, menewaskan 140.000 orang pada akhir 1945. Simak bagaimana kondisi Hiroshima setelah bom atom jatuh.

Banyak yang meninggal tanpa mendapatkan dukungan medis, mereka yang pergi ke kota untuk meminta bantuan meninggal karena hujan radioaktif.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengapa Amerika Bom Atom Jepang

Diketahui bahwa alasan Presiden AS saat itu Harry Truman memerintahkan penggunaan bom atom adalah untuk mengimbangi ancaman Soviet di Asia Timur dan Eropa Timur, serta untuk menunjukkan kekuatan kepada Uni Soviet.

Pada Juli 1945, AS, Inggris, dan China mengeluarkan Deklarasi Potsdam yang menuntut penyerahan Jepang. Tapi, Jepang menolak untuk melakukan ini tanpa syarat.

Pada awal Agustus, Jepang membuat tawaran "perdamaian yang dinegosiasikan" kepada negara-negara Sekutu tetapi tidak diterima. Hiroshima lalu dihancurkan dengan bom atom yang dijatuhkan pada 6 Agustus.

Baca Juga: Nama Radio Pertama yang Menyiarkan Soal Tragedi Bom Hiroshima

Halaman:

Editor: Ananta Wira Mahmuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:19 WIB
X